07 September 2009

Jakarta kota Macet

Pemandangan jakarta di pagi hari, siang dan sore seakan sudah tak asing lagi yaitu macet dan macet, berbagai solusi di keluarkan pihak pemerintah, mulai pengaturan lalu lintas, pembenahan jalan, sampai pengaturan jadwal masuk kerja dan keberangkatan anak sekolah , tetapi itu tak mengurangi kemacetan di ibu jakarta ini.
Kemacetan jakarta rupanya tidak akan bisa terselesaikan hanya mengandalkan petugas lalulintas dan pemerintah, tanpa adanya kesadaran dari berbagai pihak, terutama pemakai jalan sendiri. Dan saya akan sebutkan penyebab dari kemacetan di jakarta, berdasarkan urutan:
-menaikan dan menurunkan penumpang seenaknya tanpa melihat rambu dan situasi jalan
-kurangnya kepedulian pedagang yang mangkal di pinggir jalan
-tidak tersedianya lapangan parkir yang memadai
-sikap ketidak sabaran, dalam berkendara baik roda empat apalagi roda dua
-fasilitas jalan yang kurang nyaman bahkan masih banyak jalanan di ibukota yang kondisinya sangat memprihatinkan.
-adanya projek pembangunan di sekitar jalan, baik itu pelebaran jalan maupun PU umum lainnya.
-Kurangnya petugas lapangan yang mengatur lalu lintas.
Dari sekian banyak penyebab kemacetan, yang paling mengganggu ialah kesadaran diri sang pemakai jalan, karena kita tidak mungkin selalu menuntut sama pemerintah untuk menyelesaikan masalah harian ini, bisa – bisa jakarta di bangun jalanan semua, ngga lucukan! Dan saya sebagai pengguna jalan khususnya jalanan jakarta sangat berharap pemerintah untuk berpikir bijak, untuk mengatasi kemacetan ini. Jangan asal kebijakan tapi juga harus di barengi dengan ketegasan, dan jangan tebang pilih dalam penertiban lalu lintas, kalau emang seharusnya salah maka harus di tindak, jangan cuman pedagang kaki lima yang kena penertiban, pengelolah gedung juga kalau emang melanggar beri sanksi bila perlu cabut izinnya, masa pengusaha tidak mau keluar modal buat bikin lapangan parkir. Malu lah sama pedagang dan sopir angkot yang tiap hari di mintain uang lapak walau tetap harus tersingkir…


1 komentar:

matur nuwun... sudah mampir!!!
silahkan isi komentar...